Bupati Asahan dampingi Pj Gubsu Tanam Cabai di Desa Serdang

topmetro.news – Bupati Asahan H Surya BSc dampingi Pj Gubsu Hassanuddin melakukan penanaman cabai di Desa Serdang Kecamatan Meranti, Selasa (20/2/2024).

Sebelum melakukan penanaman cabai Pj Gubsu dan Bupati Asahan menyerahkan bibit dan bantuan alat pertanian kepada kelompok tani berupa combine harvester, hand traktor, hand sprayer, benih padi sawah, jagung, bawang merah dan cabai merah.

Bupati Asahan mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemprovsu memperkuat kemandirian pangan di Asahan.

Pemkab Asahan berkomitmen membangun sektor pertanian, mengingat Asahan memiliki luas daerah sebesar 3.733 km persegi, terdiri 25 Kecamatan, 177 Desa dan 27 Kelurahan.

Tahun 2023, luas areal persawahan 8.034 ha, produksi padi rata rata 83.038,27 ton dengan tingkat produktivitas mencapai 5,7 ton/ha.

Perkebunan rakyat seluas 103.375,01 ha (kelapa sawit, kakao, karet dan kelapa) dan holtikultura (bawang merah dan cabai merah) .

“Kami berharap kedatangan Pj Gubsu memotivasi kami melakukan perbaikan untuk meningkatkan produksi dan produktivitas pertanian. Dengan dukungan sarana prasarana pertanian untuk mewujudkan kemandirian pangan di Asahan,” kata Bupati.

Pj Gubsu berharap ketersedian cabai di Sumut bisa merata, produksinya cukup.

Harga cabai ini sensitif, cepat naik dan turun Apalagi menjelang masuknya bulan suci Ramadan dan Idul Fitri.

Gubsu mengatakan, potensi pertanian di Asahan cukup baik sehingga perlu terus dikembangkan dan dikelola dengan baik.

Pemprovsu memberikan dukungan dan pendampingan, sehingga kedepannya semakin baik dalam menjaga ketahanan pangan untuk masyarakat Sumut.

“Semoga bantuan ini dapat digunakan dengan baik dan bermanfaat untuk meningkatkan produksi pertanian dan kesejahteraan petani, Tetaplah bekerja dengan semangat dan bisa menyiasati dianamika perkembangan yang ada” kata Gubsu.

Turut hadir Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin, Forkopimda, OPD,  Camat Meranti, Kepala Desa, Ketua PKK Asahan dan undangan lainnya.

Penulis : EN. 

Related posts

Leave a Comment